Kosong
faceblog
Account


News Feed Top News Recent Post
25 Agu 2010
phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).

Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.

Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya.

phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada di komputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin. Di situ nantinya seseorang bisa membuat (create) basis data baru, dan mengelolanya. (http://id.wikipedia.org/wiki/PhpMyAdmin)

Bagaimana cara mendapatkan Perangkat Lunak phpMyAdmin?
Biasanya jika kita mendaftar pada suatu Web Hosting berbasis PHP dan MySQL fasilitas pengolahan database phpMyAdmin ini sudah built in pada paket layanan data server penyedia webhosting tersebut sehingga kita tak perlu lagi harus mendowloadnya secara terpisah.

Di bawah ini akan kami bahas bagaimana membangun sebuah proyek database MySQL memanfaatkan perangkat lunak PHPMYADMIN.
  1. Buka phpMyAdmin yang link alamatnya biasa terdapat pada Cpanel server penyedia layanan webhosting berbasis PHP MySQL. Sebagai contoh http://www.php-myadmin.com/index.php?db=fees0_6223137_blogface besutan http://www.0fees.net. Tampilan antar mukanya seperti gambar ini [ View Demo ].
  2. Sebagai contoh, kita akan membangun sebuah tabel database untuk sebuah proyek database Shoutbox atau Chatbox. Tabel tersebut kita namakan misalnya 'chatbox'. 
  3. Pada bagian bawah tulisan 'Create new table on database fees0_6223137_blogface', isilah Name dengan text 'chatbox', sedangkan Number of fields dengan angka 5. Angka 5 dimaksudkan adalah bahwa kita akan membuat 5 kolom fields yang berisi id, user, url, chat, waktu. Setelah itu tekan tombol GO [ View Demo ]
  4. Isilah kolom-kolom yang kosong sesuai urut-urutan sebagai berikut :




    FieldTypeLength/ValuesIndexA.I
    idINT20PRIMARYV
    userVARCHAR50
    urlVARCHAR100
    chatTEXT
    waktuINT100

    Lalu tekan tombol Save

  5. Ketrangan : Type INT = 'bilangan', VARCHAR = 'text yang jumlah hurufnya kurang dari 250 karakter', TEXT = text yang jumlah hurufnya lebih dari 250 karakter
  6. id merupakan PRIMARY KEY yang akan secara otomatis bertambah 1 dari angka terakhir yang dimasukkan. A.I (Auto Increament) adalah penambahan angka sesuai urutan.
  7. Jika berhasil akan tampak tabel 'chatbox' seperti gambar ini  [ View Demo ]
  8. Tabel 'chatbox' sudah terbentuk, langkah selanjutnya adalah bagaimana mengisi tiap-tiap field tersebut. Untuk pembahasan tersebut, silahkan lihat dan baca artikel kami yang lain, 'Membangun Shoutbox berbasis PHP'
Trafik Kunjungan



Berlangganan Faceblog

Enter your email address:

People You May KnowSee All

SponsoredCreate an Ad

Beriklan di Faceblog
Promosikan bisnis ke 500 juta lebih pengguna aktif dan setia di Faceblog. Kembangkan merek online dengan koneksi ke audiens Anda.
RequestsSee All

Members Only
FollowersSee All

Facebook Fun



Yahoo Indonesia
Blogger Buzz
Liputan 6 SCTV
Media Indonesia
Tv One
Tempo Interaktif
Antara
Republika
VVA News
You Tube
BlogListAdd Blog Here

Daftarkan Blog Anda pada Bloglist Kami
Faceblog © 2010 English (US)AboutAdvertisingDevelopersTerms •PrivacyHelp


Maaf!!, Blog Kami Gagal melakukan Ekstraksi Data dari Server http://freetzi.freewebhostingarea.com. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya gangguan loading pada server atau server sedang melakukan maintenance. Kami menyarankan anda untuk me-reload/refresh jika hal tersebut terjadi